Israel Bantah Dalangi Serangan Hiu di Mesir

Gelombang serangan ikan hiu yang beberapa kali menimpa kawasan Laut Merah Mesir dituding didalangi Israel. Namun Israel membantahnya.

Pejabat Israel membantah tudingan di media Mesir bahwa gelombang serangan ikan hiu di Laut Merah mungkin ulah dinas intelijen luar negeri Israel, Mossad.Laporan-laporan yang tampaknya mengutip Gubernur Provinsi Sinai Selatan dilansir oleh media Israel.

Akibat serangan hiu itu, seorang wanita tua tewas di kawasan tetirah Mesir, Sharm El-Sheikh hari Minggu (5/12/2010). Beberapa orang warga yang berenang di sana pun sering digigit hiu dalam satu bulan terakhir.

Dari Jerusalem, Wartawan BBC Yolande Knell melaporkan teori konspirasi selalu populer di Timur Tengah. Dalam teori konspirasi yang banyak beredar, masalah di negara-negara Arab sering dikaitkan dengan agen-agen Mossad .
Bantahan Israel
Desas-desus yang beredar di Mesir meyebutkan bahwa mungkin ada kaitan antara Israel dengan serangan-serangan hiu Laut Merah yang diluar kebiasaan.

Komentar semacam itu bersumber dari pernyataan yang dilontarkan oleh Gubernur Sinai Selatan, Mohamed Abdul Fadil Shousha.

Pernyataan itu belakangan muncul di sebuah situs berita resmi Mesir dan menarik perhatian publik.

''Kabar tentang Mossad melepaskan hiu ganas (di Laut Merah) untuk memukul industri wisata di Mesir bukan mustahil,'' kata sang pejabat Mesir seperti dilaporkan media lokal.

Koran Israel The Jerusalem Post kemudian melansir berita tersebut dengan tambahan pernyataan pejabat Israel yang menolak pernyataan itu ''konyol''.

Juru bicara kementerian luar negeri Israel, Igal Palmor mengatakan kepada BBC bahwa ''orang itu pasti telah terlalu banyak menonton film Jaws dan kesulitan membedakan antara fakta dan fiksi''.
Jaw adalah film Amerika produksi tahun 1975 yang bertutur tentang kisah rekaan seorang polisi yang berjuang melindungi masyarakat dari hiu putih raksasa yang menteror pantai wisata di wilayah tugasnya.



1 Response to "Israel Bantah Dalangi Serangan Hiu di Mesir"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme