"Geronimo EKIA" Kode Osama Telah Tewas

Detik-detik penyergapan Osama bin Laden di sebuah rumah di Abbotabod, Pakistan disaksikan langsung Presiden AS Barack Obama. Selama 40 menit Obama mengikuti penyergapan tentara AS yang berujung pada tewasnya Osama itu.

Dilansir CNN, Selasa (3/5/2011), pada Minggu sore itu Obama, Wapres Joe Biden, Menlu Hillary Clinton dan para penasehat seniornya telah berkumpul di situation room  setelah Gedung Putih mendapat informasi dari tim di lapangan yang menemukan jejak Osama di sebuah rumah. 


Situasi di situasion room itu tampak senyap saat operasi berlangsung. Wajah Obama, menurut salah seorang penasehatnya tampak tegang menyaksikan penyergapan itu. Sementara Wapres Biden tampak memainkan rosario di tangannya. Sementara di layar situation room terlihat Direktur CIA Leon Panetta yang menjelaskan detil operasi.
Tak berapa lama, ketegangan di situation room itu pecah saat terdengar pesan 'Geronimo EKIA' terdengar dari pasukan penyergap di Pakistan.

"Presiden dan para penasehat senior lega mendengar itu," kata seorang penasehat senior yang ada di ruangan.

"Kita mendapatkan dia," akhirnya Obama mengeluarkan suaranya.

Setelah itu suasana di situation room pun kembali senyap. Obama pamit keluar ruangan untuk beristirahat. Foto yang menunjukkan Obama di situation room itu kemudian dirilis ke publik meski ada bagian yang diblur yaitu dokumen yang berada di depan Hillary.
Menurut Gedung Putih, Geronimo adalah kode yang dipakai untuk menyebut Osama. Sementara EKIA adalah kode singkatan "Enemy Killed In Action".


0 Response to ""Geronimo EKIA" Kode Osama Telah Tewas"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme